5 Objek Wisata Kota Rengat Yang Menarik

Wisata Kota Rengat - Kabupaten Indragiri Hulu atau sering disingkat dengan sebutan Inhu adalah sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Riau, dengan ibukota Kabupaten yaitu Rengat.

Kabupten ini termasuk salah satu Kabupaten yang terbersih di Riau.  Masyarakat Kota Rengat dikenal dengan keramah tamahannya dan juga terkenal dengan beragam seni tradisional, termasuk diantaranya karya seni Suku Talang Mamak.

selain beberapa hal di atas, Kabupaten Indragiri Hulu ini mempunyai Tempat Wisata Yang Menarik untuk dikunjungi. berikut ini 6 Objek Wisata di Rengat yang bisa menjadi alternatif liburan anda. mulai dari indahnya Danau, situs cakar budaya dan banyak lagi tempat wisata seru yang bisa di nikmati di Kota Rengat.

Baca Juga :

1. Danau Raja
Sumber Gambar : Portal Riau
Bagi Anda yang melakukan kunjangan ke Kota Rengat Indragiri Hulu, baik itu keperluan keluarga maupun sengaja mau berwisata disana dan keperluan lainnya, tak ada salah nya mampir di Danau Raja. karena Danau Raja ini berlokasi sekitar 3 KM dari pusat Kota Rengat.

Bagi kita yang berekreasi di Danau Raja ini, kita bisa menikmati beberapa wahana air, seperti kereta dayung dan perahu angsa yang bisa disewa untuk menikmati panorama sekeliling dari tengah danau. selain itu juga kita bisa berenang dan memancing ikan di Danau Raja ini. di Danau Raja ini dijadikan pusat pagelaran kesenian Melayu Indragiri Hulu seperti Kegiatan tahunan pacu sampan dan pemilihan Raja dan Ratu Indragiri Hulu.

2. Danau Menduyan

Danau Menduyan ini berada 17 KM dari Kota Rengat, atau 7 KM dari Pematang Rebah. Danau tepatnya berada di kota lama, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu.

Kondisi Danau Menduyan masih alami, belum dikembangkan sebagai sebuah kawasan wisata, sehingga tidak ada fasilitas buatan yang bisa dinikmati oleh pengunjung.

3. Taman Nasional Bukit Tiga Puluh

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh Indragiri Hulu atau biasa disebut Bukit Tiga Puluh, lokasinya berada di jalan lintas provinsi antara Riau dan Jambi, Taman Nasional Bukit Tiga Puluh ini berjarak 50 Km dari Kota Rengat, Ibukota Indragiri Hulu.

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh ini memilik panorama alam yang indah dan berhawa sejuk. Tama Nasional Bukit Tiga Puluh ini mempunyai Luas sebesar 94.698 hektar. Di Taman Nasional ini terdapat flora langka yang bisa ditemui di Taman Nasional Bukit Tiga Puluh adalah Cendawan Muka Rimau Salo dan Mapau.


Di Taman Nasional ini kita bisa melihat 59 jenis satwa langka, diantaranya adalah Gajah Sumatra, Harimau Sumatra yang sudah hampir punah, Beruang Madu, Tapir, Siamang, Kancil, Babi Hutan, Burung Rangkong, Kuaw, dll. Ada pula museum dan pusat pelatihan kebakaran hutan di tempat ini.

selain hal-hal menarik di atas kita bisa melakukan kegiatan lain yang bisa dilakukan seperti arung jeram, treking dan mengunjungi komunitas masyarakat Suku Talang Mamak, suku Melayu Tua yang merupakan salah satu suku terasing di wilayah Riau yang masih hidup secara tradisional.

 

3. Rumah Tinggi

Rumah Tinggi  berada di Kampung Bersar, Kecamatan Rengat, Indragiri Hulu. Rumah Tinggi dipercayai sebagai bentuk rumah asli masyarakat Indragiri dengan arsitektur khas Melayu. Rumah Tinggi dibangun oleh seorang menteri pada jaman Kerajaan Indragiri bernama Raja Haji Muhammad Saleh gelar Raja Togok.

Raja Haji Muhammad Saleh diangkat sebagai menteri kerajaan Indragiri oleh Sultan Isa (1883-1902) dengan wilayah kekuasaan Kampung Laut, sekarang bernama Concong, Indragiri Hilir, yang merupakan penghasilan pajak terbesar untuk kerajaan Indragiri.

Rumah Tinggi merupakan bangunan dua lantai dengan pilar-pilar kayu kulim. Lantai dua digunakan sebagai tempat menyimpan benda-benda peninggalan bersejarah seperti foto-foto hitam putih raja-raja Indragiri, meriam, dan senapan.

4. Komplek Makam Raja-raja

Kompleks Makam Raja-Raja Indragiri yang merupakan situs cagar budaya berupa makam raja Indragiri dan para pengikutnya berada di tepi jalan yang tidak jauh dari pasar Kota Lama, sekitar 7 Km sebelum Pematang Rebah atau 17 Km dari Kota Rengat.

Di dalam Kompleks Makam Raja-Raja Indragiri ini terdapat Makam Raja Nara Singa II, makam puteranya yang bernama Sultan Usuluddin, makam Andi Sumpu Muhammad bergelar Panglima Jukse Besi yang panjang makamnya mencapai 8 meter. Raja Narasinga II juga dikenal sebagai Paduka Maulana Sri Sultan Alauddin Iskandarsyah Johan NaraSinga II yang bergelar Zirullah Fil Alam yang memerintah dari tahun 1473-1532.

5. Tugu 5 Januari
Tugu 5 Januari ini dibangun unruk mengenang  Peristiwa sejarah yang sangat tragis dan susah dilupakan. ang terjadi pada tanggal 5 Januari 1949 oleh agresi militer Belanda II. Peristiwa yang menewaskan lebih dari 2.600 jiwa dan di buang ke Sungai Indragiri yang salah satunya adalah orang tua kandung penyair terkenal Chairil Anwar yang kala itu menjabat sebagai Bupati Indragiri.

Setiap tahun pada tanggal 5 Januari di kota Rengat selalu digelar acara untuk mengenang kembali hari bersejarah bagi masyarakat kota Rengat tersebut Tugu ini berada di pinggir sungai Indragiri, tepatnya persis di depan rumah dinas Bupati Indragiri Hulu, jalan A Yani Rengat.

Comments